Dukung Modernisasi UMKM, BRI meluncurkan Program BRIncubator

28 Dec 2018 10:23

Dukung Modernisasi UMKM, BRI meluncurkan Program BRIncubator
Dukung Modernisasi UMKM, BRI meluncurkan Program BRIncubator

Semakin berkembangnya pelaku UMKM, menuntut mereka untuk selalu melakukan inovasi. Strategi khusus tentunya harus mereka miliki supaya produk-produk mereka bisa selalu diminati dan dapat bersaing dengan produk mancanegara.

Dalam hal ini, PT Bank Rakyat Indonesia telah resmi meluncurkan program inkubasi bisnis untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan program yang diberi nama BRIncubator di Solo, (28/9). Lewat BRIncubator, akses pembiayaan dan peningkatan kapasitas dan kapabilitas UMKM dapat lebih terstruktur.

Peluncuran BRIncubator Solo ini dilakukan oleh Direktur Mikro dan Kecil Bank BRI, Priyastomo dan Kepala Bagian Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank, Pasar Modal dan Edukasi serta Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan Surakarta Tito Adji Siswantoro.

Menurut Priyastomo, BRIncubator merupakan program yang berorientasi pada pemberian akses pembiayaan dan peningkatan kapasitas serta kapabilitas UMKM secara digital dan fokus untuk tujuan ekspor, melalui 5 tahapan program (Seleksi, Pre Inkubasi, Inkubasi, Akselerasi dan Pertumbuhan Cepat). BRIncubator Solo adalah salah satu dari 5 kota terpilih untuk diselenggarakannya batch 1 BRIncubator, BRI merencanakan untuk mengembangkan program ini di 19 kota lainnya. Dari ribuan UMKM di tiap kota akan dipilih 100 UMKM yang benar-benar unik untuk diberi pendampingan. Program ini fokus untuk UMKM di bidang kreatif, kuliner, fashion dan kriya.

Hingga Desember 2018 nanti, para peserta BRIncubator akan mengikuti serangkaian kegiatan dalam BRIncubator mulai dari roadshow, workshop, meet up dan gala dinner. program BRIncubator dengan menggandeng sejumlah pakar UMKM, baik bertaraf lokal maupun nasional. Para pakar itu merupakan para ahli yang berkompeten dalam dunia UMKM.

Nantinya pada tahap akhir program BRIncubator akan dipilih 30 UMKM di program Inkubasi dan 30 UMKM di program Akselerasi di tiap kotanya. Selanjutnya 3 UMKM terbaik akan mendapatkan hadiah berupa award untuk pengembangan usahanya. Melalui program inkubasi ini, diharapkan dapat didukung pula oleh kontribusi positif dari seluruh pihak untuk bisa bersinergi memajukan para pelaku UMKM Indonesia agar siap bersaing di kancah global pada era digital.
 

Share With:
share facebook share twitter share linkedin share google plus

Berita UMKM Terkini